Selasa, 30 Agustus 2011

Nikmatnya Sedekah



Bagi kita sedekah mungkin bukanlah sebuah kata yang baru kita dengar, kata yang baru diketahui atau juga kata yang asing untuk di dengar, namun apakah sebenarnya sedekah? Sedekah dapat diartikan sebagai berikut. Yang dimaksud dengan sedekah adalah mau memberi sebagian harta yang kita miliki dengan ikhlas untuk tujuan yang mulia.
Sedekah erat kaitannya dengan masalah spiritual umat manusia. Sedekah seperti yang dijelaskan diatas akan sangat berguna bagi kita, khasiatnya yang begitu besar bahkan banyak mengatakan bahwa sedekah itu dahsyat. Dimanakah letak kedahsyatannya?
Ini juga sebagai bukti kekuasaan ALLAH SWT. Karena Ia adalah sebaik-baiknya pemberi yang menyediakan dan mencukupkan segala kebutuhan manusia dibumi ini. Alhamdulillah..
Berikut beberapa keterangan yang bisa dirangkum dihalaman ini tentang keutamaan sedekah, keterangannya sebagai berikut:
1. “Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan kecuali ia bertambah, bertambah, bertambah.” ( HR. at-tirmidzi)
2. “Siapakah yang member pinjaman kepada ALLAH dengan pinjaman yang baik, maka ALLAH akan melipat gandakan balasannya dan baginya pahala yang mulia.” (QS. Al-Hadiid 57:11)
3. “…..(janganlah kamu takut kepada kemiskinan karena membelanjakan harta dijalan ALLAH SWT. ) … (QS. Al-Baqarah 2:245)
4. “Kamu tidak akan memperoleh kebajikan ( yang sempurna ) sehingga kamu Menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai..” (QS. Al-Imran 3:92)
5. “Ingatlah , kamu ini orang-orang yang diaja menafkahkan (hartamu) pada jalan ALLAH SWT. Maka diantara kamu ada yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan ALLAH lah yang maha kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan(Nya)…” (QS. Muhammad : 38)
6. Nabi Saw. Bersabda: “Sedekah dapat menolak kematian buruk”. H.R. Al-Qudha`iy dari Abi Hurairah dan ini hadis dlo`if.
7. Nabi Saw. Bersabda: “ Sedekah secara sembunyi dapat memadamkan kemarahan Tuhan dan sedekah secara terbuka adalah perisai dari api neraka”. Diceritakan pula dari Abi Hurairah r.a. bahwa ia pernah mendengar rasulullah Saw. Bersabda : tidaklah seorang hamba memberi pengemis sesuap makanan, melainkan Allah menolak bencana darinya dengan sedekah itu”.
8. Nabi Saw. Bersabda : “ Sedekah menutup tujuh puluh pintu keburukan”. H.R. Thabrani dan Raafi` bin khaadiij dengan isnad dlo`if.
9. Nabi Saw. Bersabda : “ Hindarilah api neraka, walaupun dengan menyedekahkan separuh buah kurma. Jika tidak menemukan itu, maka dengan perkataan yang baik”. H.R. Ahmad, Bukhari dan Muslim dari adiy bin Hatim.
10. Nabi Saw. Bersabda : “ Jangan kamu merasa malu untuk memberikan sesuatu yang sedikit, karena tidak memberikan apa-apa adalah lebih sedikit daripada itu”.
11. Nabi Saw. Bersabda : “ Barang siapa membentak pengemis, maka para malaikat akan membentaknya pada hari kiamat “.
12. Nabi Saw. Bersabda : “ Mahar bidadari (di syurga) adalah sedekah segenggam kurma dan sepotong roti “.
13. Nabi Saw. Bersabda : “ Tidalah berkurang suatu harta karena mengeluarkan sedekah “.
14. Nabi Saw. Bersabda : “ Sedekah itu suatu yang besar ( pahalanya). Beliau mengucapkannya tiga kali”.
15. Nabi Saw. Bersabda : “ Sedekah itu dapat menolak bencana dan memanjangkan umur”. Maksudnya : Allah memberkati umurnya sehingga dipergunakannya untuk melakukan berbagai amalan kebaikan.
Dari keterangan di atas akan dapat kita mengerti bagaimana sedekah itu sangat berarti sebenarnya untuk kita. Secara membaca biasa tanpa melakukannya saja kita bisa tau nikmatnya sedekah itu sendiri, nah bagaimanakah jika kita bersedekah? Mari kita buktikan bersama…
Berikut juga keterangan sebenarnya apa khasiat sedekah untuk kehidupan kita,
Beberapa khasiat sedekah sebagai berikut:
- Menyembuhkan berbagai macam penyakit
- Melapangkan rezeki
- Menjauhkan dari segala macam kesulitan dan masalah
- Diselamatkan dari segala keburukan
- Menenangkan hati dan jiwa ( Orang yang bersedekah mendapatkan ketentraman jiwa serta kebahagiaan yang membuat orang yang melakukannya bahagia).
Dahsyat sedekah itu akan lebih bisa kita rasakan setelah kita mencoba, dan diharapkan setelah kita tau bagaimana nikmatnya menjadi pemberi kita tidak berhenti sampai pada tahap mencoba saja, akan tetapi marilah bersama berusaha dan berdo`a agar kita selalu menjadi pemberi dan bukan peminta, menjadi tangan yang di atas dan bukan yang dibawah. Amin….


Alhamdulillah...
Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar